Bagaimana Mengontrol Amarah

KlopBanget – Lifestyle. Amarah adalah sifat alami dari manusia, berbagai faktor yang dapat menyebabakan amarah seseorang. Marah seringkali dikonotasikan sebagai sesuatu yang negatif dan jelek di persepsi kita. Dalam dunia Islam amarah adalah salah satu cara setan unutk membinasakan manusia sebab kareana amarah seseorang bisa melakukan apa saja untuk melampiaskannya, seperti memukul, membanting benda, merusak bahkan bisa menyakiti oranglain. “Jangan marah, bagimu surga.” (HR. Thabrani dan dinyatakan shahih dalam kitab shahih At-Targhib no. 2749). Untuk itu kita harus bisa dan tau bagaimana mengontrol amarah agar tidak menjadi seseorang yang dianggap brutal.

Berikut, simaklah beberapa Tips ini untuk mengontrol amarah anda:

1. Identifikasi masalah dengan benar

Dimana sebuah persoalan yang menimbulkan masalah pasti ada penyebab atau akar permasalahannya, cobalah untuk meng-identifikasi permasalahan tersebut terlebih dahulu, duduk dan tenangkan diri. Tahanlah untuk tak berbicara keras atau kasar. Dima adalah cara terbaik menenangkan semua permasalahan, karena dengan diam anda memiliki waktu untuk berpikir. yakinlah setiap permasalahan akan ada jalan keluarnya, dan anda akan menemukan solusinya.

2. BerDoa

Tenangkan diri dan cobalah berdoa memohon kesabaran dan petunjuk untuk menemukan jalan keluar permasalahan, dan yang  penting, anda jangan berputus asa, karena semua bisa dilatih dan diatasi.

3. Rileks

Dalam keadaan emosi dan tegang semuanya mesti tidak akan terkontrol, ketika anda tak mendapatkan masalahpun jika anda tidak rileks anda juga tidak akan bisa melakukan aktifitas dengan baik. Cobalah untuk rileksasi, tarik nafas dalam lalu hembuskan perlahan dan bayangkan bahwa anda dalam kondisi terbaik dan menyenangkan. selain itu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan hiburan pada diri sendiri misalnya, menonton atau mendengarkan musik. Setalah kondisianda berada pada tingkat kenyamanan,  anda akan dapat mengontrol amarah dari setiap amsalah yang anda hadapi.

4. Introspeksi diri

Jangan takut untuk merasa bersalah terhadap diri sendiri, akuilah jika memang kita bersalah atau jika sebuah kesalahan yang telah diakukan oleh orang lain. Meng-Koreksi diri sendiri berarti kita memaafkan diri sendiri. Anda hanya perlu menyerahkan keputusan anda pada nurani anda.

5. Ingatlah bahwa anda telah dewasa

Siapapun bisa mendaptkan masalah dan terbawa emosi, bahkan seorang anak kecil sekalipun. Ingatlah jika anda telah dewasa dan dewasalah dalam menyikapinya. Pemikiran yang dewasa adalah sikap yang harus terus di pelajari dalam segala tindakan ataupun permasalahan yang dihadapi.

6. Berjalanlah Keluar

Berjalan keluar disini bukan berarti anda meninggalkan masalah di dalam rumah atau di kantor, tapi anda mengambil waktu unutk berpikir. Dalam hal ini anda bisa berpergian keluar rumah atau kantor seperti berjalan-jalan di sebuah taman atau tempat sepi, dimana anda memilik waktu sendiri untuk berpikir dan anda juga bisa mengajak teman untuk menemukan solusi.

7. Tersenyum 

Ini memang selalu disarankan, dan ini tak banyak yang bisa melakukannya dengan mudah. ketika kita mendapati masalah cobalah untuk tersenyum, karena itu berarti anda menerima d sebuah masalah dalam hati dan pikiran yang tenang.

8. Bersyukur

Jangan lupa untuk selalu bersyukur. Bersyukur bahwa kita mendapatkan masalah, sadari bawha ini adlaah ujian. Masalah membuktikan kepada anda bahwa anda adalah seorang manusia, dan tak ada manusia yang tak mendaptkan amsalah dala hidupnya. selalu bersyukur membuat kita menyadari bahwa ini adalah hal yang membuat kita semakin dewasa dalam pikiran dan kehidupan.

Bagaimana Mengontrol Amarah | klops | 4.5

Leave a Reply